5 Kode Misterius yang Belum Terpecahkan

Meskipun internet telah melahirkan industri-miliar dolar dalam menciptakan dan cracking kode, namun kenyataannya crypologists tidak memecahkan beberapa kode rahasia teka-teki tertua. Beberapa kode misterius berikut ini tidak terpecahkan sampai sekarang dan tetap menjadi bahan perdebatan sekaligus teka-teki sepanjang masa. Ini masih merupakan penemuan benda misterius yang menantang para ilmuwan modern.
Inilah 5 kode tulisan misterius yang tak terpecahkan:

1. Phaistos Disk

Phaistos DiskPhaistos Disk

Piringan Phaistos Disk dianggap sebagai contoh yang paling penting dari tulisan hieroglif dari pulau Kreta.Ditemukan pada tahun 1903, kedua sisi dari tanah liat ditutupi dengan hieroglif diatur dalam zona spiral, terkesan seperti tanah liat saat basah. Empat puluh lima jenis kode yang berbeda dari tanda-tanda telah dibedakan, yang kecil dapat diidentifikasi dengan hieroglif yang digunakan dalam jaman Proto-Megah.

2.Linear A

Linear ALinear A

Linear A adalah salah satu dari dua skrip linear digunakan di pulau Kreta kuno, sedangkan Linear B dijelaskan pada tahun 1952 oleh Michael Ventris dan digunakan untuk menulis Mycenaean Yunani (Kreta hieroglif Script). Linear A masih hampir sepenuhnya rusak, tapi sebagian dapat dipahami dan bisa dibaca melalui nilai-nilai linier B.

Meskipun dua script mempunyai banyak simbol-simbol yang sama, dengan menggunakan suku kata yang terkait dengan linear B menghasilkan tulisan kata-kata linier yang tidak memiliki hubungan dengan bahasa yang dikenal. Bahasa ini sering disebut sebagai Minoan atau Eteocretan, dan sesuai dengan periode dalam sejarah Kreta sebelum serangkaian invasi oleh orang Yunani Mycenean sekitar 1450 SM. Hal ini diyakini bahwa mungkin ada beberapa hubungan antara linier dan Disk Phaistos

3.Kryptos

kryptosKryptos

Kryptos adalah patung oleh seniman Amerika James Sanborn terletak di ruang bawah tanah Central Intelligence Agency (CIA) di Langley, Virginia, di USA. Sejak 3 November 1990, ada banyak spekulasi tentang makna pesan yang dienkripsi itu.

Obyek memberikan hiburan bagi karyawan CIA dan kriptanalis lain mencoba untuk mendekripsi pesan. Password Teks dalam satu setengah patung utama berisi 869 karakter secara total, tapi informasi yang disampaikan Sanborn pada April 2006 menyatakan bahwa surat tersebut ditujukan kepada Kryptos bagian utama hilang. Ini akan membawa jumlah karakter menjadi 870 pada bagian utama.

Sisi lain dari patung ini terdiri dari tablo enkripsi Vigenere, terdiri dari 869 karakter, jika ruangan dihitung. Orang pertama yang mengumumkan penemuan tiga bagian pertama, tahun 1999, adalah James Gillogly, seorang ilmuwan komputer dari California Selatan, yang diterjemahkan dari 768 karakter. Bagian yang tidak bisa dia pecahkan, 97 atau 98 karakter tersisa.

4. Secret Code in Chinese Gold Bar

Secret Code in Chinese Gold BarSecret Code in Chinese Gold Bar

Pada tahun 1933, tujuh emas batangan diduga dikeluarkan untuk seorang jenderal bernama Wang di Shanghai, Cina. Emas batangan ini mengandung gambar, tulisan Cina, beberapa bentuk penulisan naskah, dan cryptograms dalam huruf Latin, muncul untuk mewakili sertifikat logam yang berkaitan dengan deposito bank dengan Bank AS dan tulisan Cina. Kode rahasia ini tak juga terpecahkan sampai sekarang.

5. Beale ciphers

Beale ciphersBeale ciphers

Beale cipher adalah seperangkat cipherteks terdiri dari 3 bagian, yang merujuk salah satu lokasi yang diduga lokasi harta emas dan perak diperkirakan bernilai lebih dari USD $ 50 juta. Dua lainnya cipherteks diduga menggambarkan isi harta, dan daftar nama pemilik berikut harta karun dari keluarga masing-masing.

Kisah tiga cipherteks berasal dari pamflet 1885 merinci harta yang dikuburkan oleh seorang pria bernama Thomas Jefferson Beale di sebuah lokasi rahasia di Bedford County, Virginia, pada tahun 1820. Beale mempercayakan kotak berisi pesan dienkripsi dengan pemilik penginapan lokal bernama Robert Morriss dan kemudian menghilang, tidak pernah terlihat lagi. Morriss memberikan tiga cipherteks terenkripsi ke teman sebelum ia meninggal.

Temannya kemudian menghabiskan dua puluh tahun hidupnya mencoba untuk memecahkan pesan sandi, dan hanya mampu memecahkan salah satu dari mereka yang memberikan rincian tentang lokasi umum harta karun. Sejak penerbitan pamflet, beberapa upaya telah dilakukan untuk memecahkan kode dua cipherteks yang tersisa dan menemukan harta karun itu, tetapi semua berakhir dengan kegagalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s